Sejarah Singkat Kota Sawahlunto

 


Aku lahir di Kota Sawahlunto dan sempat tinggal di sana beberapa tahun. Aku baru pindah ke Bandung ketika Papa mendapatkan tugas belajar. Untuk itulah kenapa Kota Sawahlunto menjadi sangat berarti bagi aku. Berikut sedikit cerita sejarah tentang Kota Sawahlunto.

Kota Sawahlunto adalah salah satu kota yang berada di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, kota ini dikenal sebagai kota tambang batu bara. Berikut beberapa poin penting dari sejarah kota Sawahlunto:

Cikal Bakal Kota Tambang:

  • Penelitian geolog asal Belanda pada akhir abad ke-19 mengarahkan perhatian ke pedalaman Minangkabau (saat itu dikenal sebagai Dataran Tinggi Padang).
  • Ir. C. De Groot van Embden dan Ir. Willem Hendrik de Greve melakukan penelitian tentang potensi cadangan tambang batu bara untuk mengurangi ketergantungan impor.
  • Kota Sawahlunto mulai berkembang sebagai kota tambang batu bara.

Peninggalan Tambang Batu Bara:

  • Kota Sawahlunto memiliki banyak bangunan tua peninggalan Belanda.
  • Beberapa bangunan ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat dalam rangka mendorong pariwisata dan mencanangkan Sawahlunto sebagai "Kota Wisata Tambang yang Berbudaya".
  • Pada tahun 2019, peninggalan tambang batu bara di Sawahlunto diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia dengan nama "Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto".

Kini, Sawahlunto berkembang menjadi kota wisata tua yang multi-etnik, menawarkan pengalaman sejarah dan budaya yang menarik bagi para pengunjung.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.